Sat. Aug 20th, 2022

Headset Gaming Live Streaming yang Bikin KDA Naik Drastis

Digital Allience Delta Fighter RGB adalah headset terbaru dari Digital Alliance yang dijuluki sebagai headset versi merakyat dari seri Titan Premium Black. Meskipun harganya lebih terjangkau, tetapi fiturnya tetap lengkap dan yang pasti serba bisa: digunakan untuk live streaming game, editing, musik, sampai nonton sudah oke banget.

Headset merupakan tools yang sangat penting dalam mendukung kita untuk melakukan live streaming game karena menjadi tumpuan utama:

  1. Masuk ke in-frame ke kamera.
  2. Mempengaruhi 80% performance ketika live streaming, terutama untuk game kompetitif karena semakin bagus headset maka suara state akan semakin jelas.

Tidak selalu mahal, headset yang mumpuni untuk live streaming juga ada yang dibanderol dengan harga terjangkau seperti headset Delta Fighter RGB ini. Ditambah lagi modelnya tidak malu-maluin untuk masuk ke in-frame kamera, bikin gamers terlihat makin gagah dan cantik.

Langsung saja, kita masuk ke review lengkapnya.

1.     Packaging

Box packaging-nya keren dan simpel dengan nuansa hitam yang minimalis. Tetapi, sayangnya ketika dibuka kita hanya akan menemukan headset yang dibungkus plastika alakadarnya dan kartu garansi yang tampak seperti foto copy-an, tidak ada experience lebih ketika unboxing seperti adanya bonus stiker dan sebagainya.

2.     Material

Dengan harga terjangkau, kita sudah dapat headset yang terbuat dari material apik dan build quality yang oke. Materialnya memang dominan plastik, headband bandananya juga masih plastik dilapisi kulit lembut, termasuk air cup-nya juga lembut meskipun tidak selembut seri Titan Premium Black.

3.     Desain

Hal yang berbeda dari desain headset ini yaitu driver-nya yang berbentuk kotak, dimana headset lain biasanya berbentuk bulat. Jika Anda seorang gamers laki-laki yang menggunakan pomade untuk menata rambut Anda, jangan khawatir karena headset ini didesain supaya tidak merusak tatanan rambut.

Warnanya yang hitam membuatnya cocok digunakan untuk segala bentuk wajah. Microphone-nya meskipun tidak bisa dilepas tetapi nyaman digunakan.

4.     RGB

Pada bagian luar dari air cup-nya terdapat RGB yang cukup soft, tetapi sayangnya tidak bisa dimatikan. Suka atau tidak, mungkin balik lagi ke selera masing-masing ya.

5.     Kabel

Kabel dari headset seri Delta Fighter RGB ini sudah cukup tebal dan braided. Untuk USB di bagian ujungnya juga kokoh dan tebal.

6.     Speaker

Speaker radiusnya 50 mm yang sudah pasti bagus sekali di masalah noise cancellation-nya. Sudah dilengkapi pula oleh virtual 7.1 channel surround sound yang artinya drivernya tidak dilengkapi 7.1 hanya software-nya saja, tetapi sudah cukup bagus untuk headset yang harganya di bawah 500 ribuan.

7.     Spek Lain

Impendansinya 32 ohm, frekuensi respon di 20 Hz sampai dengan 20 kHz, sensitivity di 120 db yang optimalnya di volume 20-30%. Bertipe omnidireksional dimana dia bisa menangkap suara-suara yang ada di sekitar kita, jadi meskipun ada noise cancellation-nya tetapi begitu dipakai berbicara, akan terdengar suara dari jarak beberapa meter.

8.     Tes Kualitas Mic

Jika hasil suaranya dilihat di graphic equalizer, terlihat audacity-nya cukup stabil dan secara kualitas akan lebih baik dari microphone lain. Kelemahannya adalah masih bisa menangkap suara-suara sekitar, meskipun sangat minim.

9.     Tes Main Game

Ketika dipakai untuk main game action misalnya Tomb Rider, Cyberpunk, dan sebagainya, maka backsound-nya akan terdengar sangat jelas sehingga mengingkatkan experience dalam bermain. Tetapi untuk main PUBG mobile masih agak kurang karena range-nya terlalu luas sehingga kurang bisa membedakan antara suara tembakan yang jauh dan dekat.